Jalan-jalan yuk

Beringharjo merupakan satu kesatuan dari sebuah lingkaran proses kehidupan antara keraton dan alun-alun. Ada pemerintahan, tempat berkumpul dan tempat jual beli.

 

 

 

 

Sejarah Pasar Beringharjo sendiri berawal ketika Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat baru berdiri tahun 1758. Sang Sultan pun mencari lokasi di sekitar keraton dan dipilihlah tempat yang kala itu merupakan hutan beringin. Maka dari itu dinamakan Beringharjo dimana Bering merupakan pohon beringin dan Harjo merupakan makmur. Kira-kira terjemahan bebasnya adalah pasar yang akan selalu memberikan kemakmuran dan keberkahan bagi para warganya.

 

 

 

Sejak itulah Pasar Beringharjo terus berkembang sampai sekarang yang berdampingan persis dengan Malioboro, salah satu ikon nya kota Yogyakarta. Karena lokasinya itulah hampir tiap hari tidak pernah sepi oleh pengunjung. Yang paling menarik dan ramai pengunjung adalah sisi pasar bagian barat yang menjual berbagai macam jenis batik. Dari baju, kaos, kain batik, sarimbit, semuanya ada disini.

 

 

 

,” Hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional biasanya penuh banget Den, terutama disini, tempat penjualan batik,” kata Bu Sri Ningrum, pedagang batik di pasar ini. Sempat kaget juga dipanggil Den, bagaikan anak seorang raja, ternyata penyebutan nama ”Den Bagus” – laki2 dan ”Den Ayu – perempuan di Pasar Beringharjo sudah merupakan kebiasaan untuk menghormati para tamu yaang berbelanja.

 

Berbagai jejamuan, bunga untuk sesaji dan sejenisnya juga tersedia disini, terutama di sisi pasar bagian timur. Kalau memperhatikan banyaknya orang jualan bunga dan sesaji di Pasar Beringharjo menunjukkan masih banyaknya orang Yogya yang memegang erat adat-istiadat dimana dalam satu satu rangkain tersebut menggunakan bunga

 

 

Bagi anda yang suka koleksi barang-barang kerajinan antik baik dari bambu, kayu atau bahan lain silakan naik ke lantai 3. Melihat koleksi barang-barang antik disini menjadi bingung untuk memilih mana yang harus dibeli. Ke Yogya tidak mampir ke Pasar Beringharjo, ibarat minum air hanya setengah gelas…belum sempurna.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: